PETA BISNIS ONLINE DAN SISTEM PEMBAYARAN ONLINE & MEDIASINYA DI INDONESIA

Perkembangan bisnis internet & bisnis online (e-commerce) memang sangat fenomenal dan menggiurkan. Pengguna internet di dunia mencapai 2 miliar pada 2010. Pengguna internet di Indonesia dalam waktu cukup singkat langsung meledak pertumbuhannya. Menurut Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), tahun 2010 jumlah pengguna internet di Indonesia sudah mencapai 45 juta. Bahkan diperkirakan tahun 2011 jumlah pengguna internet sudah mencapai 50 juta (20% dari total populasi sebesar 250 juta jiwa). Padahal pada tahun 1999 jumlah pengguna internet di Tanah Air baru ada di angka 1 juta pengguna. Jadi bisa dibayangkan seberapa cepat lonjakannya selama 12 tahun terakhir.  

Potensi pengembangan yang ditawarkan internet bukan hanya sumber informasi dan jaringan sosial, tapi menjadi tempat mengembangkan bisnis dan berbelanja. Berdasarkan hasil survei diketahui dari 45 juta pengguna internet Indonesia sebanyak 6,3 persen melakukan belanja online pada 2010, sedangkan 2011 jumlahnya naik menjadi 12,7 persen. Belanja online di Indonesia terus tumbuh 20 persen setiap tahunnya, baik dari sisi junlah transaksi maupun nilai transaksi. Pada 2012 diestimasi pertumbuhan belanja online akan semakin kuat di angka 30 persen. Data pada 2010 menunjukkan transaksi finansial di dunia maya di Indonesia berada di posisi 3,4 miliar dollar AS (Rp. 31 triliun). Suatu saat nanti, transaksi online di Indonesia bisa mencapai Rp. 80 miliar per hari. Belanja online sudah menjadi fenomena baru untuk membeli kebutuhan.

Menurut survey MATACORP, dengan berkembangnya bisnis internet, saat ini ada puluhan toko belanja online di dunia, diantaranya yang populer adalah Amazon dan e-Bay. Toko online dunia lainnya antara lain adalah Rakuten (Jepang) dan Multiply (Amerika). Sementara di Indonesia ada puluhan toko belanja online pula, diantaranya adalah Kaskus, Plasa.com, Tokobagus.com, Online storeku, Bhinneka, Berniaga.com, Tokone.com (dikeluarkan oleh Bank Mandiri), Belibarang.com (dudukung Citibank), Tokopedia, Marketnesia.com, Krazymarket, Rakuten (didukung BCA) , Multiply, Blibli (didukung BCA) , Belibu, Juale, Sedapur.com,dll. Seperti diketahui, Rakuten dan Multiply adalah dua toko online asing yang membuka kantor cabang di Indonesia, dengan bekerjasama dengan perusahaan lokal, seperti MNC Group (partner Rakuten) dengan nama PT.Rakuten Indonesia.  Jika kita lihat di media televisi & lainnya, Tokobagus.com dan Berniaga.com sangat gencar berpromosi. Tokobagus.com merupakan salah satu situs jual-beli online gratisan yang  terbesar di Indonesia yang lahir pada tahun 2005 di Bali. Selama Desember 2010, situs jual beli Tokobagus.com sukses meraih angka transaksi online senilai kurang lebih Rp. 300 miliar yang dilakukan para penjual maupun pembeli.

Dalam dunia maya, ada beberapa  sistem pembayaran online melalui pihak ketiga yang populer, diantaranya yang paling populer/kondang sejagad adalah  Paypal, kemudian Alertpay, LibertyReserve, dll. Menurut survei MATACORP, ada lebih dari 10 system pembayaran online melalui pihak ketiga di dunia. Sementara di Indonesia mulai bermunculan pemain system pembayaran online  melalui pihak ketiga lokal, selain paypal yang sudah membuka Paypal Indonesia, seperti Kaspay, Paybox, Doku (Nsiapay), Ipaymu, Fasapay, Indomog, Unik, Exrupiah.com, dll. Belakangan BCA juga megeluarkan Klikpay, begitu pula dengan Bank Mandiri. Mediasi sistem pembayaran online di Indonesia pun mulai bermunculan, seiring dengan semakin semaraknya bisnis e-commerce & toko belanja online di Indonesia.

Menurut survei MATACORP ada lebih dari 10 pemain system pembayaran online melalui pihak ketiga lokal. Sementara peluang bisnis lainnya adalah mediasi system pembayaran online, yang hingga saat ini masih sedikit pemainnya. Kebanyakan para konsumen/pengguna, masih langsung menggunakan system pembayaran online seperti PayPal. Seiring perjalanannya, PayPal, yang merupakan alat pembayaran online milik situs belanja eBay, telah menjelma sebagai alat pembayaran menggunakan internet yang terbanyak digunakan di dunia dan diklaim sebagai yang teraman. PayPal telah hadir di 190 negara dalam 22 mata uang dan telah dipakai oleh 220 juta warga dunia. Sementara Kaspay, merupakan alternatif pembayaran online asli Indonesia. Produk ini milik situs komunitas terbesar di Indonesia, Kaskus, dan hadir sejak akhir 2009, namun lebih intens digarap sejak pertengahan 2010.